Senin, 14 Maret 2016

MENOLAK AJAKAN NEGATIF

     Pada masa remaja , terdapat banyak hal baru yang terjadi dan biasanya lebih bersifat menggairahkan, karena hal baru yang mereka alami merupakan tanda-tanda menuju kedewasan.Dari masalah yang timbul akibat pergaulan, keingintahuan tentang asmara dan seks, hingga masalah yang bergesekan dengan hukum dan tatanan sosial yang berlaku di sekitar remaja.Masalah yang timbul pada saat remaja salah memilih arah dalam berkelompok.Ahli psikologis mengatakan bahwa masa remaja merupakan masa yang penuh masalah, gejolak, resiko, over energi, dsb yang disebabkan oleh aktifnya hormon-hormon tertentu.Tekanan itu bisa saja berupa paksaan untuk menggunakan narkoba, mencium pacar, melakukan penodongan, bolos sekolah , merokok, corat-coret tembok, dll.Secara individual, remaja sering merasa tidak nyaman dalammelakukan apa yang dituntutkan pada dirinya.
     Berikut adalah cara menolak ajakan negatif dari teman ;
1.Menyingkir
Jika ada temanmu yang mulai mengajak kamu untuk melakukan hal-hal yang buruk. Segeralah menyingkir darinya. Jangan sampai dia mempengaruhi kamu dengan keburukkannya itu. 
2.  Jauhi Teman yg Melakukan Tekanan Padamu
Jangan mendekati orang-orang yang sering berperilaku negatif, misalnya mengancam.
3. Bersikaplah Tenang
Jika seseorang sedang menekanmu, maka berusahalah untuk selalu tenang. Seakan-akan teman yang menekanmu tidak serius. Jika tetap tenang maka kamu dapat berpikir rasional, bagaimana kamu bisa keluar dari keadaan itu.
4.  Tolak Dengan Kalem Tetapi Tegas
Jika kamu diajak berbuat negatif, maka tolaklah kata yang sopan, jangan menggunakan kata=kata yang berkesan mengguruinya.
5.  Tolak dan Beri Alasan
Setiap perilaku kamu harus berdasarkan alasan yang jelas dan masuk akal, karena alasan tersebut akan menguatkan kamu ketika motivasi untuk menolak sesuatu yang buruk muali melemah.
6.  Tolak dan Utarakan Nilai yang Kamu Pegang
 prinsip bisa berasal dari norma, moral, agama, atau pertimbangan rasional, misalnya kesehatan.
7.  Tolak dan Ingatkan Temanmu Konsekuensi Perbuatan Tersebut.
Alasan dan konsekuensi dapat menguatkanmotivasi kamu untuk menolak perbuaatan negatif.
8.  Tolak dan Ganti Topik Pembicaraan
Kamu ingin menolak temanmu, tetapi juga tidak ingin menyinggungnya, maka kamu dapat mengalihkan pembicaraan pada hal lain.
9.  Tolak dan Tawarkan Alternatif Positif
Misalnya pada saat jam kosong, temanmu mengajak kamu ke kantin dan kamu menolaknya dengan “Enggak ah, aku mau ke perpustakaan aja, mau ikut ?”
10. Tolak dan Tanya Temanmu
Sebelum bertanya kamu harus memiliki berbagai alasan masuk akal mengapa kamu menolak perilaku buruk.
11  Tolak Sambil Melempar Humor
Cara ini dapat kamu gunakan, namun teman kamu harus tetap dapat menangkap maksud kamu tidak melakukan hal yang buruk
12  Tolak dan Lakukan Tekanan Pada Temanmu
Tekanan dapat dilakukan ketika beberapa cara diatas tidak efektif untuk menolak ajakan teman.
13  Utarakan Perasaanmu
Kadang kala ungkapan emosi dapat menyentuh perasaan orang lain dan memberikan dampak positif bagi perubahan tingkah laku.
14  Manfaatkan Orang Tuamu Sebagai Alasan
Penghormatan kepada orang tua diharapkan dapat membuat temanmu menghargai sikap kamu.
15  Tegaslah Pada Pendirianmu
Penguatan terhadap diri sendiri,terutama ketika kamu mulai tergoda untuk berperilaku negatif dapat dilakukan dengan mengingat kembali alasan dan konsekuensi dari perilaku tersebut.
16  Lawan Temanmu
 temanmu terus-menerus memaksamu untuk melakukan perilaku negatif, kamu bisa melawannya. Tetapi ingat melawan disini maksudnya hanya dengan kata-kata.
17  Panggil Temanmu yg Lain Untuk Membantumu
Bantuan dari pihak ketiga dapatdigunakan ketika kamu merasa kesulitan untuk menolak ajakan negatif dari teman.
18  Buatlah Rencana B
Buatlah rencana aktifitas lain sebagai alasan menolak ajakan teman.
19  Tertawa Saja
Jika ada temanmu yang mengajak berperilaku negatif, maka tertawalah untuk menolaknya. Namun tertawa yang dimaksud adalah suatu penolakan. Setelah itu, tinggalkan temanmu.
20  Carilah Temanmu yg Tidak Memaksa Melakukan Hal-Hal yg Berbahaya
Carilah teman yang baik dan memiliki kegiatan yang positif.
21  Mintalah Seorang Penengah Untuk Membantumu
Jika tidak mampu mengatasi masalah seorang diri, jangan ragu-ragu untuk meminta tolong pada guru, orang tua, tokoh agama, dan tokoh lainyang kamu anggap dapat membantumu.
22  Laporkan Pada Orang Dewasa
Wewenang dan pengalaman orang dewasa diharapkan dapat membantu mencari solusi atas permasalahan yang menimpa kamu
23  Yakinlah Pada Nalurimu
jika akan mengambil suatu tindakan atau melakukan sesuatu mintalah pendapat hati kecilmu. Jika hati kecilmu mengatakan bahwa sesuatu yang akan kamu lakukan itu tidak benar, mungkin meman tidak benar. Jika masih ragu tanyalah pada orang yang lebih tahu.
24  Putuskan Hubungan Dengan Teman yg Melakukan Penekanan Pada Saat Itu Juga
Jika mempunyai teman yang sering mengajak kamu untuk berperilaku negatif, perlu keberanian untuk memutuskan hubungan pertemanan dengannya. Pemutusan hubungan itu dapat dilakukan secara lisan atau dengan cara menghindar makin lama makin menjauh. Dengan demikian hubungan dengan temanmu akan terputus dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar